Membentuk Kader yang Aktif, Inovatif dan Kreatif melalui Pendidikan Dasar XXVI Perbakin Unhas

1-img_5896

Pendidikan Dasar XXVI Perbakin Unhas tahun ini mengangkat tema “Membentuk Kader yang Aktif, Inovatif dan Kreatif. Asmaul Husna M.,SH, salah seorang Steering Commitee kegiatan ini saat diwawancarai mengatakan bahwa ia berharap calon anggota pada Pendidikan Dasar XXVI ini dapat menjadi kader-kader yang aktif sebagai atlet serta mampu mengaktifkan diri dalam mengurus organisasi. Menjadi kader yang inovatif yang akan selalu memunculkan ide-ide baru dalam rangka memberikan semangat pembaruan dalam tubuh organisasi Perbakin Universitas Hasanuddin, serta kreatif yang memiliki kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru. Baik itu metode dalam merangsang keaktifan atlet untuk berlatih maupun merangsang anggota agar optimal dalam menjalankan organisasi.

Pendidikan Dasar XXVI tahun ini dilaksanakan pada dua lokasi, di hari pertama yakni pada tanggal 3 Desember 2016 bertempat di Gedung Ipteks Universitas Hasanuddin dan di hari kedua pada tanggal 4 Desember 2016 dilaksanakan di Gedung Pertemuan Ilmiah. Pada hari pertama, peserta Pendidikan Dasar XXVI menerima materi mengenai Organisasi Perbakin yang dibawakan oleh kanda Abdul Rahman, materi Teknik Dasar Menembak serta Psikologi dan Manajemen Atlet Menembak yang dibawakan oleh kanda Sunandar Hasyim, ST.

Materi organisasi Perbakin merupakan materi awal yang diberikan kepada peserta Pendidikan Dasar XXVI yang bertujuan untuk memperkenalkan organisasi Perbakin di tingkat pusat, tingkat propinsi, di tingkat kota dan klub, serta memberikan gambaran secara umum mengenai struktur kepengurusan dalam organisasi Perbakin Unhas. Sedangkan pada materi Teknik Dasar Menembak yang dibawakan oleh kanda Sunandar Hasyim, ST, para peserta diberikan gambaran umum mengenai teknik dasar menembak dalam menggunakan senjata Air Pistol, Air Riffle Match maupun PCP yang digunakan. Disini para peserta diberi kesempatan untuk memperagakan langsung teknik dasar menembak yang telah diajarkan dengan menggunakan senjata yang telah disediakan.

Pemberian Materi Teknik Dasar Menembak

Pada hari kedua, materi awal yang diberikan kepada peserta Pendidikan Dasar yakni Navigasi Darat dan Survival yang dibawakan oleh Bapak Syamsul dari anggota Kodam VII Wirabuana. Pada materi kali ini peserta Pendidikan dasar juga berkesempatan untuk mempraktekkan langsung materi navigasi darat yang telah di ajarkan. Kemudian dilanjutkan dengan materi Pengenalan Senjata Api yang dibawakan oleh Bapak Kompol Muhammad Erwin, SH. Diharapkan dengan materi ini para peserta calon anggota Perbakin Unhas mengetahui aturan dasar dari penggunaan senjata api di Indonesia. Setelah itu peserta diberikan materi mengenai Pengenalan Berburu yang dibawakan oleh kanda Hartanto Perdana Selni, kanda M Zaenal dan kanda Ahyar Rizi Arisandi. Narasumber pada materi kali ini adalah senior-senior yang berasal dari UKM Perbakin Unhas sendiri. Muatan materi mengenai pengenalan berburu secara umum di Indonesia dan teknik-teknik dalam berburu.

Pemberian Materi Navigasi Darat dan Survival

Materi akhir dari dari kedua Pendidikan Dasar ini yakni Refleksi USHC dibawakan oleh kanda A. Muhammad Alam P., SH.MH. Para narasumber berbagi mengenai pengalaman mereka selama mengikuti pendidikan di Perbakin Unhas. Sesi kali ini juga bertujuan agar calon anggota Perbakin Unhas dapat mengenal secara langsung anggota-anggota dari Perbakin Unhas. Rangkaian kegiatan ditutup dengan foto bersama peserta Pendidikan Dasar dan semua anggota Perbakin Unhas sebagai dokumentasi kegiatan.

Foto Bersama Peserta Pendidikan Dasar XXVI

No Response

Leave a reply "Membentuk Kader yang Aktif, Inovatif dan Kreatif melalui Pendidikan Dasar XXVI Perbakin Unhas"