Asian Games Jakarta-Palembang 2018

No comment 159 views

Asian Games ke-18 yang diadakan di Jakarta-Palembang, Indonesia serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten 18 Agustus - 2 September 2018.

Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade, 8 cabang olahraga non olimpiade yang akan diikuti oleh sekitar 15.000 atlet yang berasal dari 45 negara di Asia dan 462 medali emas yang akan diperebutkan.

Ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games setelah Asian Games IV yang diadakan di Jakarta pada tahun 1962. Sebagian fasilitas yang dibangun untuk Asian Games IV akan kembali digunakan dalam Asian Games XVIII ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Asian Games akan diadakan di dua kota sekaligus. Indonesia disetujui menjadi tuan rumah Asian Games XVIII oleh Dewan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia pada 19 September 2014. Penyelenggaraan Asian Games XVIII yang awalnya akan diadakan pada tahun 2019 kemudian dimajukan menjadi tahun 2018 untuk menghindari pemilihan legislatif dan pemilihan presiden Indonesia yang juga akan diselenggarakan pada tahun tersebut.

namad-asian-games.d

Pada tanggal 28 Juli 2016, logo dan maskot baru diresmikan oleh Badan Ekonomi Kreatif, Komite Olimpiade Indonesia, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.  Desain logo Asian Games Jakarta Palembang 2018 tersebut mengusung tema "Energy of Asia". Dengan dipilihnya logo baru tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengutarakan harapanya agar Indonesia bisa menunjukkan kehebatannya lewat penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta Palembang Indonesia. Logo atau identitas Asian Games 2018 tersebut, menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke kancah dunia.

Maskot baru mencerminkan keberagaman Indonesia dengan tiga hewan dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk Maskot Asian Games 2018 Jakarta Palembang  ada tiga Maskot baru mencerminkan keberagaman Indonesia dengan tiga hewan dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu :

bhin bhin

Seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.

atung

Seekor Rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

kaka

Seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

MEDALI

medali

Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC) merilis desain medali ke publik, menampilkan logo Asian Games dan motif batik dari seluruh wilayah Indonesia, mencerminkan keragaman budaya Indonesia dan persatuan mereka. Selain keragaman budaya, motif batik tersebut juga mencerminkan keragaman etnis, agama, dan komunitas ras Asia yang berpartisipasi dalam Asian Games ke-18, 462 medali emas yang akan diperebutkan.

sumber: www.seratusinstitute.com

Save

Save

Save

No Response

Leave a reply "Asian Games Jakarta-Palembang 2018"