UNHAS AIR GUNS 2012

No comment 1142 views

A. DASAR PEMIKIRAN                                                                                                                                               

Perkembangan olah raga di Indonesia saat ini terkesan jalan di tempat, bahkan boleh dikatakan telah mengalami kemunduran. Tolak ukurnya dilihat dari menurunnya prestasi para duta olahraga kita dalam kancah internasional. Kawasan timur Indonesia dilihat dari kondisi masyarakatnya mempunyai latar belakang budaya yang variatif. Keadaan masyarakat yang heterogen tersebut diharapkan mampu tercipta sumber daya manusia yang handal dan dapat membangun kawasan timur sehingga dapat disejajarkan dengan perkembangan dikawasan baratIndonesia.

Keadaan ekonomi Indonesia sekarang ini membuat kita merangkak  untuk bangkit dari keterpurukan sebagai imbas dari krisis ekonomi. Ditambah dengan merebaknya konflik berkepanjangan di beberapa daerah yang mengarah pada terjadinya disintegrasi bangsa. Olahraga merupakan suatu momen yang terbukti mampu meningkatkan kreatifitas  sebagai wahana dalam menggalang persatuan dan kesatuan bangsa. Duta-duta olahraga dari berbagai daerah saling berlomba untuk mencapai prestasi tanpa mengesampingkan sportifitas.

Hal tersebut juga terasa dalam cabang olahraga menembak. Sayangnya petembak-petembak dari kawasan timurIndonesiabelum bisa berbicara banyak di ajang nasional. Sangat mungkin hal ini disebabkan karena olahraga menembak belum dikenal oleh masyarakat. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena kurangnya kompetisi lokal maupun regional, sehingga sulit untuk melahirkan petembak-petembak handal yang dapat berkiprah di tingkat nasional.

Unit Kegiatan Mahasiswa PERBAKIN UNHAS merupakan salah satu UKM yang menampung minat dan bakat mahasiswa dalam bidang olahraga menembak baik menembak sasaran maupun berburu. UKM PERBAKIN UNHAS salah satu UKM yang telah melahirkan atlet-atlet menembak sasaran yang telah membawa nama besar Universitas Hasanuddin pada khususnya dan Sulawesi Selatan pada umumnya baik di tingkat regional maupun di tingkat nasional. Hal ini terlihat dari keterlibatan dan partisipasi para atlet PERBAKIN UNHAS dalam berbagai event yang telah menjadi jadwal tetap Pengurus Besar PERBAKIN.

Kejuaraan Nasional Menembak Antar Mahasiswa dan Klub merupakan rangkaian program kerja yang telah dicanangkan sebagai bentuk pencarian dan pembinaan atlet menembak dan sebagai ajang kompetisi atlet menembak untuk dapat mendulang prestasi.

Berlatar hal tersebut di atas, maka kami dari mahasiswa Universitas Hasanuddin yang tergabung dalam Unhas Shooting Hunting Club bekerja sama dengan Pengprov. Perbakin Sulawesi Selatan bermaksud melaksanakan Kejuaraan Nasional Menembak Antar Mahasiswa dan Klub “ Unhas Air Guns 2012 “ yang akan diikuti oleh para penembak yang tergabung dalam berbagai klub menembak yang ada di Wilayah Kepulauan Indonesia

 

B. TEMA 

“one shoot for the glory

 

C. TUJUAN

  1. Turut serta dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, khususnya cabang olahraga menembak.
  2. Meningkatkan potensi dan prestasi atlet agar dapat berkiprah di kancah nasional maupun internasional .

D. NAMA KEGIATAN

KEJUARAAN NASIONAL MENEMBAK ANTAR MAHASISWA & KLUB

"UNHAS AIR GUNS 2012"

E. WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan                             :  20 – 24 Juni 2012

Tempat Pelaksanaan                          :  Lapangan Tembak PERBAKIN UNHAS, Kampus Unhas,                Tamalanrea, Makassar.

 

F. KETENTUAN UMUM

Peraturan Pertandingan

  1. Peraturan pertandingan menembak yang digunakan di lingkungan PERBAKIN dan ISSF Rules And Regulations.
  2. Para peserta dianggap telah mengetahui dan memahami peraturan-peraturan tersebut.

 

G. EVENT YANG DIPERTANDINGKAN

  1. Air Rifle Match Putra Perorangan dan beregu
  2. Air Rifle Match Putri Perorangan dan beregu
  3. Air Rifle Hunting Putra Perorangan dan beregu
  4. Air Rifle Hunting Putri Perorangan dan beregu
  5. Air Pistol Putra Perorangan dan beregu
  6. Air Pistol Putri Perorangan dan beregu
H. PESERTA PERTANDINGAN

Peserta pertandingan terdiri dari seluruh perkumpulan menembak yang ada di wilayah negara kesatuan Indonesia. Tiap club dapat mengirimkan lebih dari 1 (satu) regu putra/putri pada setiap event yang dipertandingkan dengan jumlah petembak tiap regu terdiri dari 3 (tiga) orang.

 

I. PENUTUP

Demikianlah proposal ini disusun untuk dijadikan bahan pertimbangan dan acuan untuk kelangsungan Kejuaraan Nasional Menembak Antar Mahasiswa dan Klub “Unhas Air Guns 2012”.

Sekian dan terima kasih.

No Response

Leave a reply "UNHAS AIR GUNS 2012"