India Raih Emas Kedua lewat Rahi Sarnobat

No comment 11 views

Palembang, 22/8 (Antara) - Kontingen India menambah perolehan medali emas di cabang menembak Asian Games 2018 lewat Rahi Jeevan Sarnobat, yang menang di nomor 25 meter pistol putri di Jakabaring Sport City, Palembang, Rabu.

Rahi mengakhiri perlawanan Naphaswan Yangpaiboon dengan dua kali tembakan tambahan (shoot off). Petembak Thailand itu harus puas meraih perak, sedangkan perunggu dimenangkan oleh Minjung Kim dengan perolehan 29 poin.

Pertandingan final berlangsung seru dan kejar-mengejar poin terjadi sangat ketat. Petembak India tersebut awalnya tidak masuk dalam tiga besar, namun perlahan-lahan posisinya merangkak naik dan jarang melakukan kesalahan.

Justru petembak China Yemei Lin yang awalnya diunggulkan ternyata pada final beberapa kali tembakannya luput mengenai titik tengah target sehingga harus puas di peringkat empat dengan 26 poin.

Petembak Thailand, Yangpaiboon pada kesempatan menembak ke-9 sebenarnya masih memuncaki peringkat final dengan 34 poin. Namun, atlet berusia 34 tahun ini melakukan keselahan pada kesempatan menembak ke-10 dan gagal meraih poin.

Sementara itu, Rahi Sarnobat tampil lebih tenang dalam mengeksekusi tembakan sehingga skor keduanya sama 36 poin. Pertandingan akhirnya ditentukan lewat tembakan tambahan sebanyak lima kali.

Pada babak tembakan tambahan pertama, skor keduanya tetap seri dengan 4-4 poin sehingga harus terjadi tembakan ekstra yang kedua. Pada duel kedua Rahi menunjukkan ketenangannya dan berhasil menembak tepat tiga kali, sedangkan Naphaswan hanya dua kali.

Kemenangan ini membuat India berhasil menambah emas pada cabang olahraga menembak. Sebelumnya, medali emas pertama disumbangkan oleh petembak 16 tahun Saurabh Chaudhary di 10 meter air pistol putra.

Pelatih India, Munkhbayar Dorsujem, mengatakan kemenangan ini sangat penting bagi Rahi sebagai titik balik setelah absen cukup lama karena cidera siku dan operasi yang harus dijalani.

Secara mental dia sudah kuat dan sudah berada di level tertinggi lagi, ujarnya.

Rahi kini menduduki peringkat 15 dunia dan memang belum pernah memenangkan medali emas Asian Games. Sebelum kemenangan hari ini, ia terakhir kali hanya merengkuh medali perunggu di Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Rahi juga tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Kemenangan ini menunjukan bahwa karirnya sebagai petembak belum habis.

Saya ingin membuktikan kepada diri saya sendiri bahwa saya masih bisa, ujarnya.

sumber: https://id.asiangames2018.id

No Response

Leave a reply "India Raih Emas Kedua lewat Rahi Sarnobat"